REVIEW TOYOTA LAND CRUISER VX 200 || 4 KETANGGUHAN MESIN


Review Toyota Land Cruiser VX 200 || 4 Ketangguhan Mesin




REVIEW TOYOTA LAND CRUISER VX 200 || 4 KETANGGUHAN MESIN
Review Toyota Land Cruiser VX 200 || 4 Ketangguhan Mesin

 

   Spesifikasi dan Harga Toyota Land Cruiser VX 200 - Land Cruiser merupakan salah satu SUV paling legendaris datang dari Toyota. Dikenal sebagai Rando Kuruza di Jepang, Toyota Land Cruiser telah ada sejak tahun 1950-an, dan pelopor lahirnya berbagai SUV modern.


    Land Cruiser 200 telah melalui tahapan evolusi yang dramatis selama bertahun-tahun dan masih mewarisi gen penakluk seperti para pendahulunya. Sebagai big size SUV, mobil ini cukup laris di pasar lokal jika dibandingkan para kompetitor, seperti Mercedes GL Class, BMW X6 dan Land Rover Discovery 4.Ketangguhan mesin dan ketersediaan sparepart lebih terjamin.

Eksterior Toyota Land Cruiser VX 200

   Land Cruiser mempunyai ukuran yang sangat besar berdasarkan tinggi dan lebarnya. Panjang total memang lebih pendek dari Toyota Fortuner, tapi jauh lebih luas dan lebih tinggi. Berkat ukurannya yang super besar, SUV ini mempuyai bobot hingga 3 ton, atau 2 kali lipat lebih berat dari SUV kebanyakan.Dilihat dari depan, mobil ini telah mengusung grill berukuran besar dilapisi dengan krom dan kemudian mempuyai lampu depan melengkung selaras dengan rancangan desain bumper.

Interior Toyota Land Cruiser VX 200

    Ketika beranjak ke dalam kabin, Anda akan disambut oleh nuansa ketenangan berkat penggunaan skema warna gelap di seluruh bagian interior dan dikelilingi oleh aksen berwarna perak. Dashboard terlihat sangat sporty dan ada banyak tombol dan layar besar yang bagus. Tata letak tombol pada konsol tengah cukup atraktif. Pada posisi pengemudi, instrument cluster berukuran besar dapat dibaca degan mudah. Untuk kursi, menggunakan jok kulit imitasi polos, tapi warnanya praktis dan tidak mudah kotor. Roda kemudi yang besar dan tebal akan mengingatkan Anda bahwa mobil ini dibuat berdasarkan truk operasional buatan Amerika, merupakan Tundra.Ukuran yang besar pastinya akan menciptakan kabin yang lapang, namun tidak dengan mobil yang satu ini. Meskipun VX 200 mampu mengakomodasi hingga 8 orang, namun kursi pada baris ketiga cukup sempit, bahkan anak-anak pun akan merasa risih untuk mendudukinya.

Performa dan Kinerja Mesin Toyota Land Cruiser VX 200


TLC200 versi Indonesia dibekali dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Mesin bensin memiliki spesifikasi yang sama dengan yang hadir di Jepang, yaitu 1UR-FE V8 Dual VVT-i DOHC berkapasitas 4,6 liter yang dapat memproduksi tenaga sebesar 304 HP pada putaran mesin 5.500 RPM dan torsi maksimal 439 Nm pada 3.400 RPM. 


   Sedangkan pilihan lainnya berupa mesin turbodiesel 1VD-FTE berkapasitas 4.5 liter V8 32 katup DOHC dengan sistem pembakaran common-rail injection. Tenaga yang dihasilkan sebesar 261 HP pada 3.400 RPM dan torsi puncak 650 Nm pada 1.600 RPM.

Mesin Diesel Toyota Land Cruiser VX 200

  Kedua mesin di atas dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan Super ECT (Electronically Controlled Transmission) dengan tambahan AI (Artificial Intelligence). Perpindahan gigi dapat dilakukan secara mode sequental manual.

Impresi dan Handling Toyota Land Cruiser VX 200 

  Adanya fitur VSA (Variable Speed Assisted) membantu menyesuaikan berat atau ringannya setir berdasarkan kecepatan laju mobil. Dengan ukuran bongsor yang mencapai 3 ton, penanganannya tergolong cukup mudah. 


Mesin Toyota Land Cruiser VX 200 : 4.6 liter 1UR-FE (bensin) dan 4.5 liter 1VD-FTE (diesel).
Tenaga Toyota Land Cruiser VX 200 : 304 HP @5.400 RPM (bensin) ; 261 HP @3.400 RPM (diesel).
Torsi Toyota Land Cruiser VX 200 : 439 Nm @3.400 RPM (bensin) ; 650 Nm @1.600 RPM (diesel).
Bore x Stroke Toyota Land Cruiser VX 200 : 94 mm x 83 mm (bensin) ; 86 mm x 96 mm (diesel).Rasio kompresi : 10,2:1 (bensin) ; 16,8:1 (diesel).Konsumsi BBM : 4-6km / L (dalam kota), 7-10km / L (luar kota).
Transmisi Toyota Land Cruiser VX 200 : otomatis 6 percepatan Super ECT sequental.
Suspensi Toyota Land Cruiser VX 200 : Depan MacPherson strut, belakang multi-link dengan coil spring.Fitur keselamatan : Downhill Assist, Hill-Start Assist, kontrol stabilitas, kontrol traksi adaptif, ABS dengan EBD, VSA, 7 airbag, sensor parkir, dan kamera mundur.Rival : Mercedes GL Class, BMW X6 dan Land Rover Discovery Penjualan: 2010-2015.

Kelebihan Toyota Land Cruiser VX 200 :

Interior mewah dan lapang.
Kualitas pembuatan bagus.
Torsi melimpah.
Tenaga sangat kuat.
Mesin bandel dan agresif pada putaran bawah.
Fitur keselamatan sangat lengkap.
Tampilan gagah dan macho.
Daya jelajah tidak terbatas.
Jaringan servis luas.
Bantingan lembut.

Kekurangan Toyota Land Cruiser VX 200 :

Kursi pada baris ketiga sempit.
Harga sparepart sangat mahal dan sering indent.
Harga jual kembali jatuh.
Biaya perawatan mahal karena banyak fitur kelistrikan.
Limbung ketika bermanuver dan melaju pada kecepatan tinggi.
Sangat boros.

   Demikian mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Toyota Land Cruiser VX 200. Land Cruiser merupakan salah satu SUV paling berkualitas di dunia. Bermodalkan tenaga besar dan torsi melimpah, Anda dapat melalui medan terjal sekalipun tanpa kesulitan. Pastikan mempunyai model yang bagus biaya perawatannya lebih rendah dari model bensin. 

0 Response to "REVIEW TOYOTA LAND CRUISER VX 200 || 4 KETANGGUHAN MESIN"

Posting Komentar